Tuesday, October 28, 2014

Tips menjalankan Peluang Usaha Reseller/ Dropshipper Baju


Ada beberapa tips yang bisa Anda simak sebelum memulai usaha online, diantaranya :
1. Melakukan survey pasar
Anda harus mengetahui produk apa yang mempunyai permintaan tinggi di pasaran. Misalnya untuk sekarang ini sedang marak trend Hijab maka tidak ada salahnya kalau anda menjual produk busanaHijab. Sebaiknya anda juga menjual produk unik yang belum banyak beredar di pasaran agar dapat menarik customer berbelanja kepada Anda.
2. Kenali produk yang akan dijual
Setelah Anda menentukan produk apa yang akan di jual maka Anda harus memahami produk tersebut baik kelebihan maupun kekurangannya, agar jika ada customer yang menanyakan sesuatu tentang produk tersebut kita dapat menerangkannya secara jelas. Pahami bahan-bahan yang digunakan untuk membuat produk tersebut, ukuran baju model-modelnya dll.
3. Mencari suplier terpercaya
Anda harus mencari supplier yang terpercaya dengan alamat yang jelas agar Anda terhindar dari penipuan. Sangat perlu diperhatikan juga berapa komisi yang akan Anda dapatkan, fasilitas apa yang diberikan jika Anda bergabung, apakah barang yang cacat bisa ditukar atau uang dikembalikan dll. Kualitas barang yang diproduksi supplier pun harus Anda cermati.
4. Menentukan besar keuntungan
Tentukan besarnya keuntungan yang kita inginkan dari produk yang kita jual. Perhatikan berapa harga yang dipatok oleh pesaing-pesaing Anda untuk produk yang sejenis, ini bisa jadi referensi dalam menentukan harga. Setelah mengetahui harga dari pesaing, kita bisa menententukan harga barang yang akan dijual dengan keuntungan yang tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Hal ini diperlukan untuk membuat Anda tetap bersaing di pasaran.
Kita bisa saja memberikan harga yang sama seperti pesaing, tapi pastikan kita memberikan sesuatu yang berbeda atau unik, misalnya pelayanan yang lebih cepat dan ramah, atau kartu ucapan terimakasih berbentuk elektronik yang dikirim via email, dan lain-lain. Selain itu, kita juga bisa memberikan potongan harga jika pelanggan membeli banyak produk. Kita tidak perlu mengambil keuntungan terlalu kecil atau terlalu besar, tapi berikan sesuatu yang unik kepada customer yang tidak mereka temukan pada pesaing Anda.
5. Memilih media promosi
Kita bisa melakukan promosi gratis maupun berbayar di berbagai website, mulai dari media social seperti Facebook, Twitter, BBM, Instagram maupun di situs seperti Toko BagusKaskus, dan lain-lain. Dengan berkembangnya media sosial seperti sekarang ini tentunya sangat memudahkan kita dalam berpromosi. Hal yang sangat penting yaitu kita harus inovatif, kreatif dan informatif dalam membuat iklan dengan mengulas sisi yang belum ada dan berbeda dari reseller lainnya agar dapat menarik konsumen.
Sebagai reseller/ dropshipper produk busana, sebaiknya kita selalu up to date terhadap model-model baru yang sedang diminati pasar. Melayani customer dengan ramah dan cepat (fast response) agar dapat memuaskan pelanggan adalah salah satu cara yang sangat efektif dalam menjalankan bisnis ini. Intinya, berikanlah pelayanan lebih yang tidak dimiliki oleh reseller pesaing lainnya, dengan begitu pelanggan akan senang hati melakukan promosi mouth to mouth atas bisnis Anda.
Hal penting lainnya adalah kita harus bisa fokus, sabar, kerja keras, dan konsisten dalam menjalani bisnis ini. Banyak reseller pemula yang gagal dengan alasan barang tidak laku atau kalah saingan dengan reseller lain. Padahal jika Anda bisa sabar, konsisten dan terus bekerja keras mempromosikan barang Anda dengan pelayanan yang bagus tentunya konsumen pun akan datang dengan sendirinya.
Kesimpulannya, peluang usaha reseller / dropshipper baju wanita di tahun 2014 ini sangat menjanjikan bagi ibu rumah tangga maupun mahasiswa yang menginginkan penghasilan tambahan. Syaratnya adalah kita harus tekun, gigih, konsisten dan tidak cepat berputus asa dalam menjalankan bisnis ini.
Sebagai penutup berikut ini kami sajikan sebuah video menarik tentang rahasia bisnis dropship yang semoga bisa bermanfaat bagi Anda.

2 comments: